Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Pemerintah Kota Banjarmasin kembali menerima penghargaan Tindaklanjut Terbaik LAPOR Tahun 2022 di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kab/Kota Se-Kalimantan Selatan, di Grand Dafam Q Hotel, Banjarbaru, Selasa (09/05/2023).
Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar kepada Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan disaksikan oleh seluruh pejabat daerah di seluruh Kalsel.
Didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, Ibnu Sina menyampaikan, terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan karena kota Banjarmasin kembali berhasil meraih predikat terbaik dalam kategori cepat tanggap aduan SP4N LAPOR tahun 2022.
Baca Juga: PAM Bandarmasih Besok Jadwalkan Penghentian Saluran Karena perbaikan Pipa
Ia membeberkan, sejatinya program pengaduan sangatlah penting untuk ditindaklanjuti. Karena hal tersebut merupakan bagian dari upaya pelayanan publik dasar terhadap masyarakat yang mesti dijalankan.
“Sebab inilah sarana masyarakat untuk berkeluh kesah, curhat, menyampaikan kritik dan masukannya sehingga dapat kita tangkap semua ide-ide dan aspirasi mereka,” ujarnya.
Terlebih diketahui sepanjang tahun 2022, ada sekitar 800 aspirasi masyarakat yang masuk melalui sistem pengaduan yang dikelola oleh admin SP4N LAPOR di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Termasuk juga terkait keterbukaan informasi, adanya laporan masyarakat kian dapat ditanggapi secara cepat, apalagi sesuai standar pengaduan itu kan maksimum 3 hari (kerja) kita tindaklanjuti,” sambungnya.
Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemko Banjarmasin, Pemko Banjarbaru serta Pemkab Banjar berkaitan dengan pengembangan bidang Telekomunikasi dan Informasi. Di mana menurut H Ibnu Sina, ini merupakan bagian dari integrasi perwujudan program Smart City di 3 kota tersebut.
“Ketika kita bicara konteks Banjarbakula maka ini adalah bentuk satu kesatuan sebetulnya. Sehingga kalau arus informasi lancar semisal ingin memantau CCTV, arus kemacetan serta situasi antar kota, justru tentu hal ini dapat memudahkan masyarakat nantinya,” tutupnya.
Baca Juga: Layanan RSUD Sultan Suriansyah Semakin Lengkap, Hadirnya Mesin CT Scan
Sebelumnya, disampaikan Fungsional Pranata Humas, sub kordinator Monitoring Opini dan Aspirasi Masyarkat, Diskominfotik Kota Banjarmasin, Arbain, aduan masyarakat melalui kanal aduan online cenderung mengalami peningkatan. Artinya kesadaran masyarakat akan teknologi cukup bagus.
“Jadi warga tidak lagi harus pergi mengadu ke instansi terkait. Warga rata-rata melek teknologi dan pandai memanfaatkan layanan aduan yang dikelola pihaknya,” katanya.
Teranyar ada 126 aduan masyarakat yang teratas adalah soal permintaan perbaikan jalan baik yang rusak ringan hingga berat. Soal jalan ada 15 aduan yang tersebar di Kota Banjarmasin.
“Salah satunya ada di Jalan pekapuran Raya Banjarmasin Selatan, kemudian jalan berlobak di jalan Haji Asnawi. Juga ada terkait trotoar yang rusak,” katanya.
Penulis: Hamdani
Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya