Drainase, Jalan Rusak Dominasi Pengaduan Online LAPOR Pemko Banjarmasin

by admin
0 comments 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Aspirasi masyarakat melalui Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) masih cenderung melapor soal infrastruktur. Hal tersebut Berdasarkan data 2018 dan tahun ini juga masih soal infrastruktur.

Menurut Kasubag Pengelolan Lapor dan Pengaduan Humpro Kota Banjarmasin, Novri Gitayanti, infrastruktur yang dimaksud banyak mengadu soal jalan rusak dan drainase mampet dan soal infrastruktur lainnya.

“Tahun lalu ada 588 aduan, itu paling banyak soal infrastruktur seperti jalan, drainase dan lainnya. tahun ini juga sama meski baru masuk tri wulan, dari 300 laporan,” bebernya, Jumat (22/3) di Balai Kota Banjarmasin.

Nopri melanjutkan, terkait aspirasi masyarakat dalam Lapor, grafis setiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Artinya kesadaran masyarakat terus meningkat dan pembangunan kota bisa semakin membaik.

LAPOR sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia. Terus disosialisasikan ke masyarakat, agar diketahui dan mendongkrak kemajuan kota.

“Semakin banyak yang mengadu, semakin banyak yang bisa diperbaiki untuk kepentingan bersama. Karena suksenya kota itu tidak lain karena turut campur masyarakatnya, bukan hanya pemerintahnya saja,” ucapnya lagi.

LAPOR kini dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

LAPOR tersebut diinisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik

“Agar LAPOR lebih dikenal lagi, kami terus melakukan sosialisasi rutin, dan mengincar kaum milenial agar bisa lebih banyak yang memanfaatkan LAPOR sebagai sarana menyampaikan aspirasi masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, sosialisasi soal keberadaan LAPOR, Humpro Pemko Banjarmasin baru saja mensosialisasikannya kepada masyarakat Banjarmasin Tengah dua hari lalu. hamdani

Baca Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar