Hari Pelanggan Nasional BPJS Ketenagakerjaan Mengusung Tema “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”

PELANGGAN NASIONAL - Jajaran Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batulicin saat menyapa pelanggan atau peserta saat berurusan di kantor. Hal itu dalam rangka Hari Pelanggan Nasional BPJS Ketenagakerjaan mengusung tema "Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi" pada Rabu (4/9/2024).(foto : ist)

Advertorial

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada 4 September selalu menjadi momen khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta, Senin (9/9/2024).

Mengusung tema “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”, BPJS Ketenagakerjaan serentak menghadirkan kemeriahan di seluruh kantor cabang melalui berbagai kegiatan.

Harpelnas tahun ini dimeriahkan oleh Kantor Cabang Batulicin dengan tiga rangkaian acara di tiga hari berturut-turut. Acara pertama diselenggarakan tanggal 4 September 2024 dengan menyapa seluruh peserta yang datang ke kantor cabang.

Kegiatan ini dihadiri seluruh personil Kantor Cabang Batulicin dan dibuka oleh Vina Dwina Yuskin selaku kepala kantor.

Kegiatan sapa peserta diwarnai dengan sesi kuis, tanya jawab seputar layanan BPJS Ketenagakerjaan, pemberian souvenir dan kue bagi peserta dengan kategori berulang-tahun di bulan September dan perjalanan yang terjauh dari rumah menuju Kantor Cabang Batulicin.

Para peserta yang hadir sangat antusias dengan kegiatan yang berlangsung sambil menunggu proses layanan, mereka juga bisa datang ke Booth Stand yang disediakan di depan Kantor Cabang. Booth Stand ini memberikan akses layanan terkait program-program BPJS Ketenagakerjaan, informasi update seperti Manfaat Layanan Tambahan (MLT), penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile App (JMO), serta layanan-layanan lainnya.

Di hari kedua tanggal 5 September 2024, BPJS Ketenagakerjaan menyapa perusahaan PT Thriveni Indo Mining bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan diawali dengan penyerahan penghargaan Return To Work dan disusul dengan audiensi dalam memperkuat Customer Relationship Management (CRM).

PT Thriveni Indo Mining yang diwakili oleh Agus Kafid selaku Direktur HR and Corporate Affair mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap para pekerja. Sikap cepat tanggap dari para petugas BPJS Ketenagakerjaan yang memudahkan perusahaan untuk memfasilitasi pekerjanya yang mengalami musibah kecelakaan kerja.

Apresiasi yang sama dihaturkan oleh Vina kepada jajaran manajemen PT Thriveni Indo Mining.

“Kepedulian PT Thriveni kepada para pekerjanya merupakan langkah awal manajemen untuk mensejahterakan para pekerjanya,” pujinya.

SAPA PEKERJA – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin juga mengadakan dengan tajuk “SAPA PEKERJA” melalui Zoom Meeting bersama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanbu dan Bank Tabungan Negara (BTN) Tanbu pada Jumat (6/9/2024).(foto : ist)

Salah satu wujud nyata dari kepedulian tersebut adalah tidak hanya memberikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Lebih jauh lagi memfasilitasi pekerja dengan program Return to Work, pekerja yang mengalami cacat akibat kerja mendapatkan kesempatan bekerja kembali.

“Tentunya disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang baru, tentu hal ini dapat menumbuhkan loyalitas dan trust bagi para pekerjanya,” imbuh Vina.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi diwakili oleh Karya Muda Yanti dari Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek.

Dia mengapresiasi adanya kolaborasi yang baik antara Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan yang beroperasional di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Sinergitas harus terus digalakkan secara berkesinambungan demi terwujudnya pekerja dan keluarga yang sejahtera,” ungkap Yanti.

Masih dalam rangkaian Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin juga mengadakan kegiatan ketiga pada tanggal 6 September 2024 dengan tajuk “SAPA PEKERJA” melalui Zoom Meeting bersama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu dan Bank Tabungan Negara (BTN) Tanah Bumbu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada seluruh peserta yang hadir secara daring mengenai Fasilitas Manfaat Layanan Tambahan (MLT) bagi para pekerja yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten  Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus, S.Hut menyatakan antusiasme seluruh lapisan masyarakat untuk memiliki rumah dengan cicilan ringan. Hal itu dapat diwujudkan melalui program MLT dari BPJS Ketenagakerjaan, Manfaat fasilitas MLT berupa uang muka perumahan, renovasi, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk para pekerja merupakan bentuk lain kepedulian pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja Indonesia.

“MLT diharapkan dapat memenuhi kebutuhan primer para pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami turut serta mendukung program ini untuk terus digaungkan kepada masyarakat pekerja agar mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih sejahtera bersama keluarga,” imbuh Firdaus.

Hadir secara daring Kepala Cabang BTN Banjarmasin, Jastrawan Pesulima dan Pimpinan Cabang Batulicin, Muhammad Audi Amar sebagai Bank yang menyalurkan MLT kepada para pekerja.

Audi menghimbau para pekerja penting untuk mengetahui program ini, sebab BPJS Ketenagakerjaan memberikan manfaat dengan membantu para pekerja untuk memiliki rumah dengan cicilan ringan.

“Selain cara pengajuannya yang mudah, persyaratannya pun juga tidak rumit, BPJS Ketenagakerjaan bersama BTN berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan peserta dengan ikut membantu mewujudkan impian memiliki rumah sendiri. Selain itu BTN Tanah Bumbu sudah bekerja-sama dengan beberapa developer perumahan sehingga memudahkan masyarakat pekerja untuk memiliki alternatif pilihan lokasi rumah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan,” ungkap Audi.

Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut Vina mengajak seluruh pihak termasuk media online untuk dapat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Terutama tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan baik untuk pekerja formal dan nonformal dengan semangat kerja keras bebas cemas yang diusung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ketiga kegiatan tersebut dilakukan untuk menegaskan komitmen bahwa layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kian mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga.

“Selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2024. Kami berharap seiring dengan kemudahan layanan yang telah diberikan, maka kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Kami akan terus menjaga konsistensi pelayanan yang melebihi harapan para pekerja sehingga hal tersebut mampu juga mendorong kesadaran pekerja untuk melindungi diri dan orang-orang terdekatnya dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutup Vina.

 

Penulis : Advertorial/Arsuma
Editor    : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

12 Advokat Baru DePA-RI Diangkat, TM Lutfi Yazid : Kedepankan Layanan Bantuan Hukum untuk Masyarakat secara Sosial

15.074 Kotak Suara Pilkada Kalsel 2024 Mulai Didistribusikan ke Gudang Logistik

Sidang Praperadilan Politikus Demokrat Ditunda, Kuasa Hukum Kecewa Termohon tak Datang