Banjarmasin, BARITO – Lebih dari 100 karyawan dan staf RSUD DR H Moch Ansyari Saleh mengikuti bimbingan teknis (bintek) pengelolaan pengaduan, Rabu (25/9) di aula instansi tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan oleh BTrust, suatu lembaga konsultan dari Bandung, didukung Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan dan Pemprov Kalimantan Selatan.
Direktur RSUD DR. H. Moch Ansyari Saleh, DR, dr. Izaak Zoelkarnain A, Sp. OT dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengatakan tentang sejumlah perkembangan dan prestasi yang sudah dicapai RSUD DR. H. Moch Ansyari Saleh dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.
Hadir sebagai pemateri, Iqbal dari BTrust, menyampaikan tentang pengelolaan pengaduan dan aplikasi Lapor. Dalam paparannya, Iqbal mengingatkan bahwa laporan yang disampaikan masyarakat, dapat menjadi bahan penyusunan kebijakan, sehingga pengelolaan pengaduan sangat penting guna mendapatkan input untuk perbaikan pelayanan.
Narasumber lainnya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan, Noorhalis Majid menyampaikan tentang pengalaman Ombudsman mengelola pengaduan.
“Ada berbagai teknik dalam menghadapi pelapor. Pelapor juga dibagi dalam beberapa tipe. Selain itu pengelola pengaduan juga harus mampu menguasai dan menjawab kebutuhan masyarakat,” jelasnya. Noorhalis juga menambahkan bahwa pengelolaan pengaduan akan berujung pada perbaikan pelayanan publik.
Acara pelatihan juga diisi dengan role play, atau bermain peran. Acara tersebut berisi simulasi memerankan petugas pengaduan. Termasuk latihan dalam menghadapi pelapor dengan berbagai tipe.
Noorhalis menyampaikan sejumlah contoh kasus pengaduan di rumah sakit sebagai bahan role play. Peserta antusias dan aktif terlibat dalam bermain peran.
tya