LAPOR! Tebar Paket Bantuan kepada 5 Panti

by baritopost.co.id
0 comments 2 minutes read

Pj Gubernur Puji Keterampilan Shiatsu Penghuni PSBN Fajar Harapan

Banjarbaru, BARITO – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR ! ) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan paket bantuan kepada 5 panti di bawah naungan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel.

Penyaluran 250 paket Ramadan tersebut sebagai wujud kepedulian LAPOR! dan untuk pengembangan program tersebut agar dapat diakses atau ramah terhadap para penyandang disabilitas.

Pada kegiatan Senin (10/5/2021) pagi,  pengelola LAPOR! Kalsel mulai melaksanakan Aksi Sosial dengan tagline

“LAPOR Berbagi untuk Teman Disabilitas” ,  di Aula Persada, Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Dinas Sosial Provinsi Kalsel.

Sebanyak 250 paket bantuan kepada 5 panti diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Turut hadir menyaksikan penyerahan bantuan adalah Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuriyani, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Rifai, serta Kepala PSBN Dinas Sosial Pemprov Kalsel, Fahruddin Salman.

“Saya berharap sistem LAPOR!  terus dikembangkan lebih lanjut,  sehingga bisa melayani pengaduan atau menerima laporan masyarakat sampai pelosok pedesaan. Agar kita tahu apa yang dikehendaki masyarakat,” bebernya.

Safrizal  mengapresiasi program “LAPOR ! Berbagi”, karena dapat membantu para penyandang disabilitas yang dianggap memiliki hati lebih tajam, perasaan yang lembut dan doa yang lebih makbul.

“Mereka layak dan berhak mendapat perlakuan yang sama seperti yang lain,” cetus Safrizal.

Dia juga berharap, para penyandang disabilitas tetap bisa menyampaikan aspirasi atau laporan mereka kepada Pemerintah melalui Program LAPOR! ini.

Pada kesempatan itu, Safrizal juga mendapat kesempatan dipijat “shiatsu” oleh salah satu penghuni panti.

“Saya tadi mengecek, , apa saja pelajaran disini, ada kelas kerajinan, kelas shiatsu dan sebagainya. Jadi untuk mengetahui apakah pelajaran shiatsu sudah diterima atau belum, saya dipijat dan ternyata memang terasa nyaman,” ujarnya.

Ramah Disabilitas

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Rifai dalam laporannya menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan

dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur

Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2020 tentang Roadmap

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020 – 2024.

Peraturan tersebut mengatur bahwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), pada saat ini diharapkan mampu menjangkau atau ramah disabilitas.

Program LAPOR! diharapkan dapat menegakkan hak mereka terhadap pelayanan  publik di Indonesia khususnya dalam hal menyampaikan aspirasi dan aduan.

“Hanya dengan melalui LAPOR!, tentunya dengan cara mereka masing- masing. Sehingga ada masukan, kritikan dari penyandang disabilitas terhadap pelayanan publik agar lebih baik lagi,” tandas Gusti Yanuar.

Program kegiatan ” LAPOR! Berbagi” menurutnya merupakan yang ke- 3 kalinya. Kegiatannl yang pertama adalah LAPOR! Peduli Covid-19 #LAPORBERBAGI . Yang

kedua LAPOR! Peduli Banjir dan yang sekarang adalah LAPOR! Berbagi untuk

teman disabilitas.

“Pada kesempatan ini dengan menggandeng Bank Kalsel,

kami membagi 250 paket lebaran, yang disebar di beberapa pengelola Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) salah satunya di Panti Sosial Bina Netra Fajar

Harapan,” jelasnya.

Program ini, tukas Gusti Yanuar, merupakan salah satu indikator yang memuluskan jalan LAPOR! Kalsel menjadi

satu-satunya provinsi yang masuk sebagai 6 Finalis kategori Pemerintah Daerah

untuk merebut Outstanding Achievement pada Kompetisi Pengaduan

Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020.

Penulis: Cynthia

 

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment