Banjarmasin, BARITO – Julukan Kota Banjarmasin ‘kota seribu sungai’ belum mencukupi dalam membrending kota agar dikenal lagi kekancah internasional. Oleh sebab itu, Pemko Banjarmasin bersama masyarakat, Komunitas, Budayawan, akademis dan Jurnalis, godok branding yang tepat untuk kota Banjarmasin.
Forum yang dipimpin Asisten ll Bidang Perekonomian Setdako Banjarmasin, Doyo Pudjadi itu, menurut Doyo setelah menjalani diskusi yang cukup panjang, sedikitnya ada 20 masukan soal branding kota Banjarmasin yang diantaranya exotis river city, Amazing River city, A thousen River City dan masih banyak usulan lainnya.
“Alhamdulillah forum ini banyak mendapatkan masukan dari peserta, mudahan dengan ini bisa dipilih salah satunya untuk Membawa Banjarmasin Mendunia dengan city branding, sesuai dengan tema pertemuan ini,” ucapnya usai diskusi.
Dapat diambil garis besarnya, ujar Doyo, kenapa acara tersebut diadakan, karena selama ini Banjarmasin belum memiliki brand yang murni dari usulan masyarakat. Sedangkan kota lain seperti Jogja, Surabaya, Jakarta sudah memiliki brand yang menyesuaikam khas daerahnya.
“Ini saatnya Banjarmasin memiliki brand yang sah dari kesepakatan masyarakat,” ucapnya.
Adapun alasan mengapa ini harus dibuat, Doyo meyakini branding kota itu agar kota dikenal kuat dan dikenal luas hingga mendunia. Kemudian itu juga untuk mempermudah menunjang pariwisata Banjarmasin, membangun kebanggaan masyarakat Banjarmasin dan menunjang promosi.
“Intinya ini dibuat agar Banjarmasin lebih dikenal mendunia dan dapat membangun kebanggan masyarakatnya,” tuturnya.
Mantan Kadis Pertanian Kota Banjarmasin ini melanjutkan, dari sekian banyak bansukan tersebut nanti diambil tiga terbaik yang diantaranya usulan bersifat tidak menghilangkan kecirikhasan kota. Misalnya seperti sungai dan budayanya.
“Dari tiga terbaik pak walikota langsung yang akan memilih dan akan segera dipublis. Sementara untuk disain logonya nanti juga akan menyusul dan itu diserahkan kepada ahlinya,” tutupnya.
Hamdani