Advertorial
Batulicin, BARITOPOST.CO.ID – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin mengoptimalkan Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) bersama Fasilitas Kesehatan (Faskes) se-Kabupaten Tanah Bumbu. Optimalisasi itu melalui kegiatan “Monitoring dan Evaluasi serta Perpanjangan Perjanjian Kerja Sama Pusat Layanan Kecelakaan Kerja Bpjs Ketenagakerjaan”.
Kegiatan yang dilaksanakan di hari Sabtu (7/12/2024) dibuka oleh Vina Dwina Yuskin selaku Kepala Kantor Cabang Batulicin.
“Total 16 Fasilitas Kesehatan PLKK dan kami harap adanya sinergi dan harmonisasi kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan mitra PLKK yang menjadi semakin lebih baik sehingga berdampak positif kepada proses pelayanan peserta,” imbuh Vina.
Peserta pada kegiatan ini yang berhadir sebanyak 48 orang yang terdiri dari 38 orang perwakilan dari PLKK serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tanbu.
Kegiatan ini sekaligus penandatanganan perpanjangan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Batulicin dengan Faskes se-Tanbu.
Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan penggunaan aplikasi JMO dan MLT.
Dengan menggunakan aplikasi JMO, maka pencairan klaim tidak membutuhkan waktu lama bahkan bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang.
“Diharapkan para peserta dapat mengetahui manfaat yang ada pada aplikasi JMO dan MLT seperti informasi saldo, klaim JHT, layanan kantor cabang, hingga pelaporan kecelakaan kerja,” tutur Vina.
Hal ini sejalan dengan arah perubahan perbaikan berkelanjutan BPJS Ketenagakerjaan, khususnya dalam penyelenggaraan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Terbitnya dasar hukum mulai dari peraturan badan, peraturan direksi sampai dengan regulasi-regulasi turunan, petunjuk teknis pelaksanaan layanan semakin menguatkan BPJS Ketenagakerjaan dalam program JKK yang bertransformasi menuju layanan digital yang lebih baik.
Dengan penyempurnaan website aplikasi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (E-PLKK) yang terintegrasi pada sistem pelaporan dan pendaftaraan kepesertaan perusahaan serta dengan memperkuat kualitas layanan dengan peningkatan pada aspek kepatuhan atau good governance kedua belah pihak mitra yang bekerja sama.
Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan sosialisasi alur layanan klaim Kecelakaan Kerja dan penagihan klaim biaya pengobatan dan perawatan.
Hal ini sesuai dengan regulasi terbaru agar pelaksanaan pelayanan dapat segera disesuaikan sehingga proses klaim lebih cepat dan jelas yang bermuara kepada kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin, Yusef Dwi Jayadi menambahkan kualitas layanan PLKK kepada peserta diharapkan meningkat sehingga tingkat kepuasan mereka dapat berimbas kepada pengalaman positif bagi peserta.
Acara ditutup dengan diskusi ramah tamah dan sharing kendala di lapangan serta masukan-masukan dari semua peserta kegiatan. Diskusi interaktif ini diharapkan menumbuhkan keakraban sehingga menciptakan koordinasi yang semakin lebih baik untuk mencapai tujuan bersama.
“Tujuan kita yaitu memberikan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan bersama dengan Faskes se-Tanah Bumbu yang berkualitas, cepat tanggap dengan mudah diakses sesuai dengan amanah UUD Nomor 24 Tahun 2011. Tujuannya untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat,” pungkas Yusef.
Penulis : Advertorial/Arsuma
Editor : Sophan Sopiandi
Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya