Banjarmasin, BARITO-Sejak berdirinya di tahun 2006 lalu hingga sekarang. Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah (Perumda PAL) Banjarmasin, belum signifikan menarik kepercayaan masyarakat.
Buktinya, perusahaan milik Pemko Banjarmasin ini baru mampu menarik pelanggan 5.698 dari jumlah penduduk kurang lebih 700 ribu.
Tidak itu saja, Perumda PAL juga dibilang perusahaan yang rugi, namun masih dipertahankan karena alasan lingkungan.
Menurut Manager Tekniknya Deris Kusdinar St, saat di konfirmasi dikantornya, Senin (15/3). Kondisi ini, perusahaan PAL ini memang melakukan penambahan pelanggan dengan jangka panjang.
Pihaknya terus berupaya memberikan pengertian tentang pentingya pengelolaan air limbah untuk kesehatan lingkungan.
“Penambahan pelanggan tahun ini kita target 500 termasuk sambungan niaga. Ya ini merupakan jangka panjang kita, tahun ke tahun perlahan pelanggan akan banyak,” katanya.
Ia melanjutkan, kawasan niaga merupakan sasaran yang dapat diandalkan guna menjalankan subsidi silang untuk menambah pendapatan.
Kawasan niaga ini, misalnya di kawasan Jalan Nasional Achmad Yani, yang berdasarkan pemetaan ada ratusan calon pelanggan niaga.
“Niaga, salah satu upaya untuk dapat menambah pendapatan asli daerah yang potensinya cukup besar, apalagi disana terdapat banyak hotel dan pusat perbelanjaan,”jelasnya.
Penulis : Hamdani