Marabahan, BARITOPOST.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Mujiyat, membuka rapat koordinasi (Rakor) SPAN LAPOR, sekaligus melaunching Aplikasi Reaksi Cepat Aduan Masyarakat (ARCADUMAS), di Aula Selidah Marabahan, Rabu (16/08/2023).
Acara tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Ombudsman RI, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Batola, dan admin E-Lapor SKPD.
Baca Juga: Dandim 1002/HST Hadiri Pengukuhan Paskibraka HST
Layanan reaksi cepat aduan masyarakat yang disingkat ARCADUMAS yang digagas oleh Dinas Kominfo Batola bertujuan mengkoneksikan laporan masyarakat pada antar admin SKPD, kepala SKPD dan kepala daerah. Aduan tersebut nantinya masuk melalui notifikasi pada WhatsApp dan email, sehingga respon tindak lanjut aduan masyarakat dapat segera dijawab oleh OPD terkait.
Menurut Pj Bupati Mujiyat, pelayanan publik menjadi isu kebijakan strategis dan merupakan isu hangat yang selalu menjadi bahan perbincangan, karena pelayanan publik di Indonesia cenderung jalan di tempat. Sedangkan implikasinya sangat luas dalam kehidupan, perbaikan dan peningkatan pelayanan publik merupakan tujuan dari agenda reformasi pemerintah.
Baca Juga: Dinihari Api Amuk Desa Ilung Pasar Lama HST, Dua KK Kehilangan Tempat Tinggal
Mujiyat menegaskan untuk mencapai visi dalam good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya agar masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara nasional.
Lebih lanjut dikatakan, bahwa pejabat pemerintah mempunyai tanggungjawab dalam memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat, pemerintah harus hadir di tengah masyarakat di era keterbukaan informasi publik seperti saat ini.
“Oleh karena itu layanan SP4N LAPOR harus bisa dilaksanakan sebaik mungkin sebagai upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas layanan informasi publik kepada masyarakat, karena masyarakat mempunyai hak untuk dilayani dan sebagai pemerintah harus memberikan pelayanan yang prima,” pesan Mujiyat menekankan kepada para admin E-Lapor SKPD.
Mujiyat mengharapkan semua dapat berkoordinasi serta berkomunikasi dengan baik, memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
Sementara Kadiskominfo Batola, Hery Sasmita, menegaskan bahwa apa yang sudah disampaikan oleh Pj Bupati adalah bagaimana seluruh SKPD dapat melayani dan bagaimana hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat.
Baca Juga: Dandim 1002/HST Hadiri Pengukuhan Paskibraka HST
“Dengan pengelolaan pengaduan ini kita buat nanti dari berbagai media sosial, berbagai komentar di grup-grup WhatsApp, akun facebook serta instagram dan sebagainya. Nanti akan kita himpun ke dalam aplikasi E-LAPOR ini,” jelas Hery.
Masih terkait layanan cepat kepada masyarakat, Hery menyampaikan bahwa pihaknya akan membuat inovasi aplikasi yang bernama “Lapor Aja Ke Pemda”.
“Kenapa kami membuat sebuah inovasi ini? Karena saat ini kami melihat pimpinan daerah kami Pj Bupati beserta rombongan selalu turun lapangan jemput bola, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, yang biasa disebut TURDES (Turun Desa),” ucap Hery.
Baca Juga: Dinihari Api Amuk Desa Ilung Pasar Lama HST, Dua KK Kehilangan Tempat Tinggal
“Sehingga kami pun juga harus mengikuti perkembangan itu dengan berbagai aplikasi dan inovasi yang ada kami siapkan seperti Aplikasi Reaksi Cepat Aduan Masyarakat, disingkat ARCADUMAS,” tambahnya.
Hery Sasmita juga menerangkan di tahun 2024 pihaknya akan melakukan jemput bola pengaduan masyarakat. “Dimana ada Pak Pj Bupati, kami akan membuka langsung pengaduan masyarakat. Jadi nanti bisa langsung ditanggapi oleh pimpinan,” tandasnya. (Adv Diskominfo/R.G/Wke)
Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya