Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen Selama Masa Libur Lebaran 2023

menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen (foto:ist)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April hingga 27 April 2023. Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen.

Dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini. Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini.

BACA JUGA: Elektabilitas Partai di Survei Indikator Politik

“Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” katanya.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 pereen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.

BACA JUGA: KONI Kalsel Bakal Dukung Marciano Norman Kembali Jadi Ketua KONI Pusat

Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen, untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen.

Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen, dan Meta (Facebook) 4 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen. Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.

BACA JUGA: Anggota DPRD Balangan Sosialisasikan Raperda Inisiatif

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6 persen dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35 persen,” ujar Gede

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

BACA JUGA: Api Amuk di Kampung Gedang Banjarmasin, Lalap Bedakan 26 Pintu

Di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sepanjang libur lebaran tahun ini, trafik data meningkat sekitar 13 persen dibandingkan trafik di hari normal. Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur lebaran.

Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan, Horas Lubis, mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di dua provinsi tersebut tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan libur lebaran. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan.

“Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” tuturnya.

BACA JUGA: Buntut Sengketa Makam Mualim, Habib Fatur Kena Somasi

Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Kalsel selama periode libur Lebaran 2023 terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 42 persen, Kabupaten Hulu Sungai Utara 35 persen, Kabupaten Hulu Sunga Selatan 34 persen, dan Kabupaten Kotabaru 21 persen. Wilayah tujuan wisata popular seperti Manggasang dan Wisata Pagat yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini turut mengalami kenaikan sebesar 60 persen dan 54 persen dibanding hari biasa.

Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata di wilayah Kalteng terjadi di Kabupaten Pulang Pisau 34 persen, Kabupaten Barito Utara 33 persen, Kabupaten Murung Raya 31 persen, dan Kabupaten Kapuas 29 persen. Wilayah tujuan wisata popular Pantai Kubu Pangkalan Bun dan Teluk Sampit (Area Pantai Ujung Pandaran Sampit) yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini turut mengalami kenaikan sebesar 64 persen dan 63 persen dibanding hari biasa.

Berdasarkan kota/kabupaten, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 42 persen, Kabupaten Hulu Sungai Utara sebesar 35 persen, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebesar 34 persen, dan Kabupaten Kapuas sebesar 29 persen.

BACA JUGA: Agar Lebih Profesional, 250 Guru PAUD di Banjarmasin Didiklat

Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 12 persen dan Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 11 persen. Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 46 persen.

Untuk area lokasi wisata, selain di Pantai Kubu Pangkalan Bun, dan Teluk Sampit Kalimantan Tengah, kenaikan trafik juga terjadi di beberapa destinasi wisata seperti Manggasang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 60 persen, dan Objek Wisata Pagat, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 54 persen. ril

Related posts

Poltekkes Banjarmasin Launching Wisata Sehat dan Gelar Kegiatan di Kampung Hijau

Warga Sidodadi II Dukung Hj. Lisa – Wartono, Jurkam: Jangan Pilih Kotak Kosong!

Kampanye di Berlina Jaya, Warga Sampaikan Aspirasi untuk Hj. Lisa Halaby