Tutupi Kerugian, Perumda PALD Lakukan Penyesuaian Tarif

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Direktur Perumda PALD Banjarmasin.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Demi menutup kerugian yang sejauh ini dijalani.
Perumda PALD Banjarmasin akhirnya melakukan penyesuaian tarif layanannya. Tarif baru bakal diberlakukan bulan April medatang, sembari itu perusahaan milik Pemkot Banjarmasin ini melakukan sosialisasi.

Sosialisasi yang disampaikan berkaitan dengan Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 152 Tahun 2023 Tentang Tarif Pelayanan Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Layanan Sedot Tinja, Senin (26/2/2024) di Hotel Banjarmasin Internasional.

Baca Juga: Hari Kanker Dunia Digelar di Banjarmasin, Diramaikan Lelang Busana Sasirangan

Menurut Direktur Perumda Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) Kota Banjarmasin, Endang Waryono, penyesuaian tarif itu akan diberlakukan bulan April dan sekarang masih tahap sosialisasi.

untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan naik sebesar Rp 1.500 sampai 2.000. Kemudian Rumah Tangga dari A21 hingga A23 sebesar Rp. 5000

Tarif semula yang dipatok kepada pelanggan Perumda PALD untuk MBR 12,5 persen dan non MBR sebesar 25 persen dengan anggaran mencapai Rp 500 juta per bulan untuk Kota Banjarmasin.

Perumda PALD yakin dan optimis untuk pendapatan akan tertutupi, apalagi selama ini pihaknya hanya mengandalkan penyertaan modal dari Pemkot. Jika pendapatan stabil, maka bisa jadi tidak lagi berharap penyertaan modal.

“Pelanggan bertambah otomatis biayanya kan bertambah juga, karena dalam rumah tangga yang sudah menjadi mitra kita, setiap 2 tahun sekali kita sedot, lalu tiap tahun ada free untuk melakukan perbaikan,” tambahnya.

Baca Juga: Kalah Nyaleg? Tenang, Dinkes Banyak Stok Obat Stres

“Kalau untuk biaya operasionalnya akan kita lihat setelah satu bulan berjalan, kalau dihitung pendapatannya kira-kira lebihnya dari Rp 900 Juta hingga Rp 1 Miliar perbulan,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menyampaikan, bahwa upaya-upaya yang dilakukan Perumda PALD itu untuk memaksimalkan potensi yang ada, karena mengingat kapasitas berada diangka 15 ribu.

Sekarang Perumda PALD sudah ada 300 an lebih pelanggan baru, untuk sekarang terhitung pelanggan keseluruhan di angka 7 ribuan pelanggan.

Sebagai bentuk dukungan kepada Perumda PALD, orang nomer satu di Banjarmasin ini pun mewajibkan seluruh ASN Pemko Banjarmasin menjadi pelanggan.

“Jadi mohon dukungan semua mudah-mudahan bisa kita wujudkan sama-sama, saya kira ini tidak memberatkan, demi kita semua, di mana manfaatnya bisa kita rasakan,” tutupnya.

Penulis : Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Selama Libur Nataru Pasokan Air Bersih Dipastikan Aman, PAM Bandarmasih Layani 24 Jam

Fenomena Bangunan Miring di Banjarmasin Disoroti Mahasiswa Unukase

XL Axiata Luncurkan XL SATU Lite, Solusi Internet Praktis untuk Keluarga Indonesia